Tuesday, December 22, 2015

Yuk, Bacakan Dongeng untuk Anak

Hai Bun, masih suka membacakan dongeng untuk anak? Kalau iya, dongeng apa yang sering Bunda bacakan? Kebiasaan berdongeng untuk anak ini, memang terlihat seperti hal yang sederhana, namun sebenarnya memiliki banyak manfaat. Untuk Bunda yang sedang mengajarkan bahasa inggris pada anak, dongeng juga bisa menjadi sebuah sarana yang cukup efektif untuk proses belajar bahasa inggris anak usia dini. Misalnya saja dengan membacakan sebuah dongeng sederhana dengan menggunakan bahasa inggris.

Berikut ini, adalah beberapa manfaat lain dari mendongeng untuk anak:

  • Dongeng bisa membantu Bunda untuk meningkatkan ikatan antara Bunda dan anak. Bunda bisa menggunakan gerakan dan permainan suara saat mendongeng untuk meningkatkan minat dan semangat anak mendengarkan dongeng yang Bunda ceritakan.
  • Cobalah untuk mengajak anak aktif menebak jalan ceritanya. Selain itu, Bunda bisa juga mengajak anak untuk membuat sebuah dongeng dari gambar yang tidak disertai dengan tulisan. Hal ini akan membantu meningkatkan kreativitas anak dalam menciptakan sebuah cerita baru.
  • Bunda bisa mengajarkan berbagai hal pada anak melalui cerita dalam dongeng. Misalnya saja, Bunda bisa bercerita tentang kancil yang mencuri dan kemudian dihukum, untuk mengajari anak bahwa mencuri adalah perbuatan yang tidak baik. Bunda juga bisa mendongengkan berbagai kisah mengenai keluarga, persahabatan dan berbagai hal lainnya. Dalam dongeng, Bunda juga bisa memberikan berbagai pesan moral tentang kejujuran, kesetiakawanan, rasa empati, dan berbagai sifat baik lainnya yang sebaiknya dimiliki oleh setiap orang.
  • Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Bunda bisa mengajarkan bahasa asing seperti bahasa inggris pada anak melalui dongeng. Bunda bisa mencari sebuah dongeng sederhana yang menggunakan bahasa inggris, dan kemudian ceritakan pada anak. Namun, jangan lupa untuk menggunakan gerakan pada saat bercerita, tujuannya untuk membantu anak agar dapat lebih mudah memahami jalan cerita dari dongeng tersebut.
Selain berbagai manfaat di atas, membacakan dongeng juga bisa meningkatkan minat baca seorang anak. Kebiasaan mendongeng ini akan mengajarkan anak berbagai macam hal yang tidak akan didapatkannya melalui televisi ataupun gadget secanggih apapun. Melihat begitu pentingnya kebiasaan ini, jadi Bunda, yuk mulai aktif mendongeng untuk anak. (Vita)

0 comments

Post a Comment