Monday, March 9, 2015

Khasiat Semangka Untuk Ibu Hamil

Khasiat Semangka Untuk Ibu Hamil
Banyak para Ibu menyatakan bahwa proses kehamilan hingga melahirkan merupakan masa-masa yang tidak bisa dilupakan. Bahkan pada masa hamil, banyak ibu banyak mengeluh akan banyaknya informasi, baik nasihat, saran, tips, dan larangan baik dari orang tua hingga kerabat ataupun teman. Nah dari sekian banyak nasihat yang sering diberikan adalah saran untuk selalu konsumsi banyak buah-buahan. Dari informasi yang sudah banyak beredar di internet, ada banyak buah yang sangat bermanfaat dan harus dikonsumsi para ibu hamil salah satunya buah semangka. 

Yang sama-sama kita ketahui bahwa buah semangka merupakan buah yang memiliki kandungan air yang banyak. Selain itu buah semangka juga tinggi akan nutrisi dan bagus untuk janin yang ada di dalam perut ibu hamil. Berikut ini beberapa khasiat semangka untuk ibu hamil diantaranya
  • Mengurangi frekuensi mulas. Masalah ini sudah menjadi hal umum yang selalu dihadapi oleh para ibu hamil, bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Dengan mengkonsumsi buah semangka secara rutin, tentu ini akan memberikan efek untuk menenangkan perut sehingga mengurangi frekuensi rasa mulas. Selain itu, semangka juga bagus menjadi solusi untuk masalah pencernaan. 
  • Bengkak jadi berkurang. Masalah umum yang sering dihadapi para ibu hamil adanya pembengkakan pada kaki dan juga tangan, sehingga para ibu hamil terlihat gemuk.  Nah, buah semangka bisa membantu melancarkan pembuluh darah vena yang berguna untuk mengurangi bengkak. Selain bengkak, semangka juga membantu untuk mengurangi edema. 
  • Morning sickness jadi berkurang. Morning sickness atau mual bahkan muntah pada pagi hari merupakan sindrom bahkan masalah yang sering dialami oleh para ibu hamil. Konsumsi buah semangka ini bisa membantu kurangi rasa mual dan juga muntah ketika masa kehamilan khususnya hamil muda. Mengkonsumsinya dengan minum jus semangka pada pagi hari demi untuk mencegah mual dan muntah ketika proses kehamilan.
  • Dehidrasi berkurang. Kandungan air yang sangat banyak, ini menjadikan buah semangka menjadi solusi terbaik untuk mengurangi masalah dehidrasi yang terjadi. Untuk masalah yang satu ini, para ibu hamil tentu harus berhati-hati, dikarenakan ini bisa menjadi masalah yang serius pada janin jika dibiarkan. Oleh karena itu, konsumsi buah semangka bisa bermanfaat untuk setidaknya mengurangi dehidrasi tersebut. 
  • Masalah kram bisa berkurang. Konsumsi buah semangka bisa dijadikan sebagai solusi untuk para ibu hamil untuk mengurangi kram sekaligus meredakan kram pada otot. Nutrisi yang ada dalam buah semangka bisa bantu membuat otot menjadi lemas sekaligus mengurangi potensi terjadinya kram. 
  • Cegah terjadinya pigmentasi pada kulit. Masalah ibu hamil tentu beragam, salah satunya ada beberapa ibu hamil yang mengalami masalah pigmentasi pada kulit. Pigmentasi kulit merupakan pergantian warna kulit pada beberapa bagian tubuh (biasanya berubah menjadi hitam). Memang tidak semua ibu hamil akan mengalami hal ini, namun potensi terjadinya pun tetap ada jadi tidak boleh diremehkan.
Jadi buat para ibu-ibu hamil di luar sana, nikmati masa kehamilannya dan jangan lupa perhatikan kesehatan bunda dan juga calon baby nya! Nantikan info kesehatan bunda & anak selanjutnya yah -tia-

0 comments

Post a Comment